Minggu, 08 April 2012

TUGAS MAKALAH PANCASILA

Wawasan Nusantara

     Dalam hal ini bangsa Indonesia memerlukan prinsip – prinsip dasar sebagai pedoman agar tidak terombang – ambing dalam memperjuangkan kepentingan nasional untuk mencapai cita – cita serta tujuan nasionalnya.Salah satu pedoman bangsa Indonesia wawasan nasional yang berpijak pada wujud wilayahnusantara sehingga disebut WAWASAN NUSANTARA.Wawasan nusantara menurut saya adalah ide mengenai pemikiran-pemikiran terhadap diri dan perkembangan bangsanya dalam pemahaman persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Unsur-unsur wawasan nusantara terdapat 3 unsur yaitu :
Wadah
Isi Wawasan Nusantara
Tata Laku Wawasan Nusantara

1.Wadah
    Wadah itu merupakan tempat dimana perkembangan itu diwujudkan jadi wadah merupakan pusat perhatian yang lebih mencolok dalam pengembangan suatu kenegaraan. Ada kalanya wadah berbagai kegiatan kenegaraan dalam wujud supra struktur politik dan wadah dalam kehidupan bermasyarakat adalah berbagai kelembagaan dalam wujud infra struktur politik.dalam sebuah tantanan kewarganegaraan ini memerlukan wawasan yang cukup untuk mengisi wadah tersebut karena bila tidak adanya wawasan mengenai pengembangan struktur diNusantara ini maka kurangnya kesatuan dalam menjamin suatu kehidupan dalam bernegara ini.

2.Isi Wawasan Nusantara
  
Isi berarti semacam makna yang terkandung dalamnya jadi isi wawasan nusantara itu harus mempunyai jalan tujuan, pemikiran kedepan dalam aspirasi serta cita-cita dan kondisi sosial masyarakat, budaya, tradisi, keadaan alam, wilayah serta pengalaman sejarahnya.
Mungkin banyak setiap orang menganggap tak penting akan sejarah dalam negaranya itu, sebenarnya dari sejarah itulah maka ada wawasan pemikiran untuk mengembangkan suatu bangsa ini yang disatukan untuk mencapai tujuan nasional walau berbeda suku, agama, dan budaya tapi sejarah dapat menyatukan dengan kebersamaan yang kokoh.

3.Tata Laku Wawasan Nusantara
   
Tata laku merupakan dasar interaksi antara wadah dengan isi, yang terdiri dari tata laku batiniah dan lahiriah. Tata laku batiniah mencerminkan jiwa, semangat, dan mentalitas yang baik dari bangsa indonesia, sedang tata laku lahiriah tercermin dalam tindakan , perbuatan,dan perilaku dari bangsa idonesia. Tata laku lahiriah merupakan kekuatan yang utuh, dalam artikemanunggalan. Meliputi perencanaan,pelaksanaan,pengawasan dan pengendalian.Kedua haltersebut akan mencerminkan identitas jati diri atau kepribadian bangsa indonesia berdasarkankekeluargaan dan kebersamaan yang memiliki rasa bangga dan cinta kepada bangga dan tanah air sehingga menimbulkan nasionalisme yang tinggi dalm segala aspek kehidupan nasional.

Dari semua hal itu Indonesia yang kaya akan hasil alamnya seakan menjadi kutukan bagi bangsa dan negaranya maka dari itu kita sebagai warga negara yang mempunyai kewajiban membina nusa dan bangsa untuk hidup lebih makmur.

Hakikat Wawasan Nusantara

Hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara, dalam pengertiancara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara demikepentingan nasional. Hal tersebut berarti bahwa setiap warga bangsa danaparatur negar harus berpikir, bersikap, dan bertindak secara utuhmenyeluruh demi kepentingan bangsa dan negara indonesia. Demikian juga produk yang dihasilkan oleh lembaga negara harus dalam lingkup dan demikepentingan bangsa dan negara Indonesia, tanpa menghilangkankepentingan lainnya, seperti kepentingan daerah, golongan dan orang per orang.

Landasan Wawasan Nusantara
Landasan Wawasan Nusantara berpegang ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat dengan tujuan agar tidak terjadi penyesatan dan penyimpangan dalam rangka mencapai dan mewujudkan tujuan nasional.
Wawasan Nusantara dalam paradigma nasional dapat dilihat dari hirarkhi paradigma nasional sbb:
-Pancasila (dasar negara) =>Landasan Idiil
-UUD 1945 (Konstitusi negara) =>Landasan Konstitusional
-Wasantara (Visi bangsa) =>Landasan Visional
-Ketahanan Nasional (KonsepsiBangsa) =>Landasan Konsepsional
-GBHN (Kebijaksanaan Dasar Bangsa) =>Landasan Operasional
Fungsi Wawasan Nusantara adalah pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan dan perbuatan, baik bagi penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa.
Tujuan Wawasan Nusantara adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala bidang dari rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan orang perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa/daerah. Dan pada hakekatnya setiap warga bangsa dan aparatur negara harus berfikir, bersikap dan bertindak secara utuh menyeluruh dalam
lingkup dan demi kepentingan bangsa termasuk produk-produk yang dihasilkan oleh lembaga negara.
Tantangan Implementasi wawasan nusantara dengan adanya era baru kapitalisme
Tantangan Implementasi menurut saya kesulitan yang terjadi didalam cara penerapan tentunya didalam kehidupan ini banyak berbagai macam aspek yang dapat mengubah semuanya sesuai apa yang diidam-idamkan dan diimpi-impikan, Semua itu tergantung cara penyampaian kita dan penanaman didalam diri kita. Apalagi dikaitkan dengan wawasan nusantara berarti kita harus mempunyai konsep yang begitu besar dimana semua proses dilakukan itu demi kepentingan bermasyarakat dan bernegara bukan hanya diri pribadi saja apa lagi di era baru kapitalisme, negara-negara kapitalis dalam rangka mempertahankan eksistensinya dibidang ekonomi untuk dapat bertahan dalam era baru kapitalisme harus membuat strategi baru yaitu keseimbangan (balance) antara paham individu dan paham sosialis semua harus tertanan dengan rapih agar tidak ada gejolak-gejolak yang mencoba merusak semua itu.

Kesimpulan
Jadi didalam bernegara dan bermasyarakat yang masing-masing mempunyai kewajiban dan hak yang semua itu didasari dengan peraturan dan perundang-undangan harus dikuatkan dengan kesadaran dalam diri masing-masing. karena dalam kehidupan ini suatu Negara seperti bangsa  kita yang tercinta ini,tak kan bisa terjalin dengan rukun dan sejahtera bila tak ada kesadaran didalamnya apa lagi diNusantara yang penuh dengan keanekaragaman budaya dan ras ini jika tak ada pemahaman yang begitu besar dalam diri kita maka akan banyaknya kesenjangan social didalam bermasyarakat tidak adanya toleransi dan penghargaan kebudayaan dan perbedaan agama, semua akan mementingkan diri sendiri dan ingin menguasai apa yang menjadi hak miliknya bahkan hak milik seseorang pun dapat dirampasnya. Jadi tanamkan sekuat mungkin wawasan nusantara kita dengan membudidayakan semua sejarah-sejarah Negara kita dan perkembangan lainnya agar Nusantara kita ini dapat lebih maju dan berkembang dengan kesadaran didalam diri kita masing-masing bahwa persatuan dan kesatuan kita ini adalah kekuatan kita untuk membangun semua itu, Dan dengan pendekatan program yang teratur, terjadwal, dan terarah. Hal ini akan mewujudkan keberhasilan dari implementasi Wawasan Nusantara.






Kata Pengantar

Puji syukur atas rahmat dan hidayahnya karena pada akhirnya saya dapat menyelesaikan makalah Pancasila saya, yang dijadikan tugas softskill, Semoga makalah saya ini dapat memberikan suatu wawasan pengetahuan mengenai keadaan Negara kita yang cukup jauh dari apa yang kita idam-idamkan karena kurangnya kesadaran kita terhadap Negara kesatuan kita ini, untuk lebih jelasnya dapat disimak makalh yang saya buat ini, dan jika ada kritik dan saran yang membangun makalah ini untuk dikembang kan lagi saya sangat bangga, karena saya dapat mengajak pembaca untuk menyadari betapa pentingnya Negara kita bagi kita semua, akhir kata dari SELAMAT MEMBACA TERIMAKASIH.







Bekasi, 8 April 2012



Mulatiar Kresno





                                                               Daftar isi




Daftar isi        .............................................................................................................  i
Kata pengantar       ....................................................................................................  1
Wawasan Nusantara    ................................................................................................  1
1.1    Wadah ..............................................................................................................  1
1.2     Isi wawasan nusantara.......................................................................................  1
1.3     Tata Laku Wawasan Nusantara..........................................................................  1
Hakikat Wawasan Nusantara.......................................................................................  2
Landasan Wawasan Nusantara.....................................................................................  2
Tantangan Implementasi wawasan nusantara ................................................................  2
Kesimpulan..................................................................................................................  3








                                                              LAPORAN TUGAS MAKALAH



MATA PRAKTIKUM             :  PANCASILA 
NAMA                                    :  MULATIAR KRESNO
NPM                                       :  34110858
KELAS                                   :  2DB13

















UNIVERSITAS GUNADARMA
2012

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar